//]]> JK Puji Ketegasan Jokowi Realisasikan Kartu Jakarta Sehat - BERITA DALAM NEGERI
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JK Puji Ketegasan Jokowi Realisasikan Kartu Jakarta Sehat

Jakarta - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) memuji ketegasan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dalam merealisasikan kartu sehat. Bagaimanapun kartu sehat sangat diperlukan masyarakat DKI Jakarta.

"Ya bagus lah, bagus untuk dijalankan," kata JK saat ditanya menyangkut ketegasan Jokowi dalam realisasi kartu sehat.

Hal ini disampaikan JK di sela-sela perayaan Tahun Baru Islam di Masjid Sunda Kelapa, Jl Taman Sunda Kelapa No. 16, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (15/11/2012).

Jokowi memang dengan tegas memerintahkan RS rujukan tidak menolak pasien Kartu Jakarta Sehat (KJS). Jika menolak, akan diberikan sanksi.

"Kalau ditolak terserah rumah sakit. Kalau berani menolak tahu risiko-risikonya. Sesuai MoU kan harus melayani. Jangan ditanya risiko-risikonya apa," ujar Jokowi di Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (14/11).

Jokowi akan terus mengawasi pelayanan di RS dan Puskesmas terhadap pasien KJS. Pasien KJS diharapkannya terlayani dengan baik dan cepat sembuh.

"Kalau terlayani tak sembuh untuk apa rumah sakit," kata mantan Walikota Solo ini.

Pemegang KJS dapat berobat gratis di lebih dari 200 Puskesmas di Jakarta. Bila Puskesmas merasa perlu, pasien bisa dirujuk di 88 RS yang bekerjasama, baik milik pemerintah maupun swasta. Namun rawat inap masuk kelas III.